Home » , , » Hujan Meteor Terbaik Tahun Ini

Hujan Meteor Terbaik Tahun Ini


Pada tahun 2013 ini hujan meteor Perseid sedang dalam perjalanan, dan itu diharapkan untuk menampilkan pertunjukan cahaya langit yang menakjubkan ketika puncak hari Senin, 12 Agustus 2013.


Meteor Perseid dianggap salah satu yang terbaik karena kehandalan dan  aktivitas tingkat tinggi - pengamat dapat melihat hingga 60 meteor per jam pada tahun ini, perkiraan dari NASA. Gemerlap layar, yang namanya berasal dari konstelasi Perseus, akan terlihat terutama di belahan bumi utara setiap tahun pada akhir Juli atau awal Agustus, ketika Bumi melewati sisa-sisa komet Swift-Tuttle.

Meskipun astronom berharap puncak hujan meteor di Amerika Utara pada siang hari Senin, penikmat harus dapat melihat tampilan pada Minggu malam dan Senin pagi. Bintang jatuh juga akan terlihat Senin malam hingga Selasa pagi.

Pengamat mungkin akan memiliki keberuntungan untuk melihat hujan meteor Perseid malam hari, dari 11 Agustus sampai 13 Agustus, tanpa silau bulan. Untuk mendapatkan tampilan yang optimal, gazers mungkin harus menyisihkan beberapa jam dari jadwal tidur mereka untuk melihat pertunjukan saat bulan terbenam sesaat sebelum fajar. (Kunjungi website Naval Observatory AS untuk melihat saat bulan terbenam di daerah Anda.)

Bill Cooke, kepala Kantor Lingkungan Hidup Meteor NASA, menyarankan agar anda pergi ke luar dan melihat langit setidaknya 30 menit sebelumnya untuk membiarkan mata mereka menyesuaikan diri dengan kegelapan.

"Pengalaman saya adalah bahwa kebanyakan orang yang kecewa melihat meteor saat pergi keluar hanya beberapa menit berharap melihat sesuatu: ini  hanya terjadi jika ada ledakan besar, bukan hujan meteor normal," tulis Cooke dalam email kepada Agence France-Presse. "Jadi bersiaplah untuk menghabiskan setidaknya beberapa jam di luar, jangan berharap untuk melihat banyak cahaya sebelum tengah malam."

Cooke dan ahli meteor lainnya di Marshall Space Flight Center akan menjadi tuan rumah hidup chat online Sabtu malam 23:00-3:00 ET untuk menjawab pertanyaan sebelum puncak hujan meteor ini.  
(inpil/banks)

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS